Jayapura - siapa yang Tidak kenal sebutan Nama Purom Wenda mungkin nama tersebut sudah tidak asing di pendengaran masyarakat khusunya di Papua, pemilik nama asli Purom Okiman Wenda ini sering melakukan aksi tindakan kejahatan kepada masyarakat.

Dalam hal ini sosok seorang Purom Wenda bisa di katakan sebagai pembunuh berdarah dingin,  mereka mempunyai anggota  kelompok yang berusia muda dan rata rata semua tidak berpendidikan, Purom Wenda sengaja memilih untuk tinggal di daerah pegunungan Kab.  Lanny jaya sebagai basis kekuasaanya.

Saat di temui di Ruang Kerjanya Sekertaris Daerah Lanny Jaya Cristian Sohilait mengatakan, aksi Purom Wenda  seringkali  membuat kekacauan di Kab.  Lanny jaya, bahkan  hampir setiap harinya membuat aksi yang dapat meresahkan warga masyarakat Lanny jaya, samapai saat ini masyarakat lanny jaya merasa tidak  senang dengan adanya kelompok puron wendan di kab.  Lanny jaya.

"Kekejaman kelompok Purom Wenda memang menjadi momok yang menakutkan bagi warga Papua, khusus nya di daerah kabupaten Lanny Jaya. Hampir seluruh korbannya ditembak di bagian kepala, leher dan dada, Ini menunjukan bahwa korban dihabisi dari jarak dekat dan tanpa perlawanan dan aksi tersebut sudah sering membuat kejahatan kepada masyarakat sipil dan anggota TNI Polri sudah banyak korban yang di habisi oleh Purom Wenda." ungkap Cristian.

Lanjut Cristian perbuatan yang selama ini di buat oleh Purom Wenda sama sekali tidak merasa takut seakan kebal dengan hukum dan dosa, aksi yang di lakuakn Purom Wenda adalah tindakan yang sudah  melanggar Hak Asasi Manusia (HAM).

"Purom Wenda harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di hadapan hukum. Apa Bila tidak menyerah, sampai kapanpun Purom akan di kejar oleh pihak aparat keamanan dan menghadapi ancaman hukuman mati atas perbuatannya" tutup Cristian